Latest News

Cara Membedakan Bakalan Cucak Ijo Jantan & Betina

advertisement
K. Membedakan Burung Bakalan Cucak Ijo Jantan & Betina itu cukup sulit, bahkan seorang penghobi burung kicau juga suka terkecoh. Bakalan Cucak Ijo sangat mirip antara jantan & betina. Apalagi kalau kita membeli bakalan burungnya dipasar burung yang masih bercampur jantan & betinanya. Untuk Anda yang ingin membeli bakalan Cucak Ijo dan bingung memilih jantan atau betinanya, mungkin pembahasan ini akan memberi sedikit gambaran untuk Anda.


  • Ciri trotolan Cucak Ijo jantan, Apabila masih dibawah 4 bulan Cucak ijo jantan memiliki warna kuning untuk alis yang melingkar di kedua di matanya. Sedangkan untuk Cucak Ijo betina alis matanya berwarna putih.
  • Warna paruh bagian bawah untuk Cucak Ijo jantan berwarna coklat tua, sedangkan untuk Cucak Ijo betina berwarna putih. 
  • Apabila Trotolan sudah berumur di atas 4-6 bulan, maka betina akan berwarna kuning di bagian leher, kemudian akan berubah menjadi warna putih kehijauan. Sedangkan jantan, warna kuningnya akan dipenuhi trotol-trotol hitam. Pada dua bulan berikutnya, warna hitam itu akan tampak lebih jelas pada bagian leher/bawah paruh. Seiring dengan bertambahnya umur, warna hitam di leher bawah, akan terus menutup sampai di bawah matanya.


Mungkin itu sedikit Tips Membedakan Cucak Ijo Jantan & Betina. Hati-hati jika Anda hendak membeli bakalan Cucak Ijo terutama di pasar burung, karena banyak yang pakai warna/di cat bagian dagunya dengan warna hitam padahal burung tersebut aslinya betina. 

Semoga bermanfaat!!
advertisement

2 Responses to "Cara Membedakan Bakalan Cucak Ijo Jantan & Betina"